Tips Merawat Mata

Tips Merawat Mata

Masalah mata pada wanita tentunya semakin penting untuk diperhatikan. Hal ini terjadi mungkin karena adanya fakta bahwa tubuh wanita mengalami banyak perubahan di dalam hidup dan secara bertahap memengaruhi penglihatannya. Mulai usia muda seharusnya wanita sudah mengambil beberapa tindakan pencegahan untuk mencegah masalah ini.

Pemeriksaan Rutin
Pemeriksaan mata juga sama pentingnya dengan pemeriksaan fisik secara berkala. Katarak, mata kering, glukoma serta retinopathy adalah beberapa masalah umum yang harus diperhatikan pada wanita. Cara terbaik adalah menjaga kewaspadaan terhadap gejala penyakit tersebut dan segera konsultasikan ke dokter apabila merasakan ketidaknyamanan pada mata. Dalam beberap hal penyakit mata terjadi karena keturunan yang ada pada keluarga, Anda harus mengetahui tentang kesehatan mata keluarga dan tetap konsultasi dengan dokter mata keluarga Anda.

Diet Sehat
Mata Anda juga memerlukan nutrisi dan vitamin. Untuk menjaga mereka tetap sehat, jagalah pola makan yang sehat seperti sayuran hijau, omega 3 asam lemak, seng dan beta karoten. Selain itu, suplemen vitamin C dan A juga dapat meningkatkan penglihatan Anda. Tapi Anda harus selalu berkonsultasi dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen tersebut.

Merawat Mata Saat Di Rumah
Tentunya Anda pernah melakukan kegiatan bersih-bersih rumah, bukan? Ketika membersihkan rumah yang mengharuskan Anda menggunakan bahan kimia, pemutih atau pupuk, lindungi mata Anda dengan menggunakan pelindung agar terhindar dari reaksi apapun yang berasal dari bahan kimia. Setelah selesai pastikan selalu untuk mencuci tangan

Waspada Dengan Penggunaan Makeup
Jangan pernah menggunakan produk makeup yang sudah kadaluarsa pada mata. Apapun yang lebih dari 4 bulan harus segera dibuang, khusunya produk yang banyak mengandung mineral di dalamnya. Sebuah produk yang telah digunakan selama bertahun-tahun juga dapat menyebabkan alergi. Jika ada reaksi apapun seperti kemerahan atau gatal-gatal setelah menerapkan produk, segera hentikan pemakaian dan konsultasi dengan dokter mata. Sebagai tindakan pencegahan juga, hindari penggunaan makeup milik orang lain.

Sumber: http://idiva.com/opinion-health/eye-care-tips-for-women/16148

More Blog