Gangguan Kesehatan Mata Ketika Berolahraga

Gangguan Kesehatan Mata Ketika Berolahraga

Olahraga pada umumnya dianggap sebagai aspek penting dalam kehidupan. Banyak orangtua yang mendorong anak-anaknya untuk mengikuti beberapa kegiatan olahraga dari usia muda, kepercayaan diri dan kemampuan motorik. Mengembangkan kemampuan ini sangat penting untuk mengawal mereka menjadi dewasa dan kesenangan melakukan olahraga membuat hal tesebut menjadi lebih mudah dilakukan.

Namun, ada beberapa risiko kesehatan yang melekat pada partisipasi dalam olahraga. Salah satu area yang mudah terkena risiko adalah mata. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengobati cedera mata dalam olahraga.

Salah satu cedera yang paling umum atau penyakit yang diderita oleh seorang peserta dalam olahraga adalah reaksi dari alergi. Partikel-partikel yang berada di udara dapat mengiritasi penderita alergi dalam cara yang berbeda-beda. Salah satunya yang paling umum adalah dimana alergi masuk melalui mata yang terkena iritasi.

Penggunaan tetes mata bisa dimanfaatkan untuk menghapus iritasi dan mencegahnya masuk melalui mata. Penggunaan yang bijak pada obat alergi juga dapat membantu mencegah kemungkinan alergi meluas. Pengobatan alergi ini bisa ditemukan dalam tetes mata, tablet dan nasal spray (penyemprot bakteri pada hidung). Seorang praktisi kesehatan bisa membantu mengidentifikasi obat apa yang cocok untuk Anda gunakan.

Olahraga yang memerlukan kontak fisik seperti rugby atau American Football juga bisa mencederai peserta pengikutnya. Mata juga bisa menjadi sangat sensitif dan bisa cedera hanya dengan kontak fisik yang tidak terlalu parah. Hal ini bisa berakibat mata menjadi kehitaman dan membengkak. Sangat penting untuk mengurangi pembengkakan sesegera mungkin. Kompreslah dengan es batu atau handuk hangat untuk mata. Selain itu, menjaga kepala tetap tegak untuk mengurangi pembengkakan di sekitar mata. Setelah mengurangi pembengkakan, jangan lupa untuk menjaga kebersihan di daerah sekitar mata.

Sangat dianjurkan untuk Anda untuk memakai pelindung mata ketika berolahraga seperti kriket dan squash. Bola permainan dalam kedua olahraga ini dapat melesat dengan kecepatan yang cukup tinggi dan dapat melukai pemain sebelum mereka bereaksi untuk menghindar. Pelindung mata seperti kacamata khusus yang dibuat dapat secara signifikan mengurangi cedera pada mata ketika kontak fisik terjadi.

Peserta olahraga juga sangat mungkin terkena paparan sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet yang berbahaya bagi mata. Bagi Anda yang berolahraga pada hari yang cerah sebaiknya menggunakan topi dan kacamata hitam. Hal ini akan membantu menjaga mata terlindung dari sinar matahari dan mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh sinar ultraviolet.

Sumber : http://www.eyesiccal.com/latest-news/eye-health-risks-in-sports-and-their-treatments/

More Blog