Bagaimana Cara Kerja Lensa Kontak
Bagaimana Cara Kerja Lensa Kontak?

Bagaimana Cara Kerja Lensa Kontak?

Bagaimana lensa kontak bekerja memperbaiki penglihatan dengan cara yang sama seperti kacamata? Lensa kontak mengubah arah sinar cahaya untuk memfokuskannya ke arah yang benar pada retina.

Jika Anda seorang penderita rabun jauh, fokus sinar cahaya yang masuk jatuh tepat di depan retina – mereka membentuk titik fokus di depan retina, namun jatuh tidak tepat pada retina itu sendiri. Lensa kontak memperbaiki rabun jauh dengan mengarahkan sinar cahaya yang mengurangi fokus pada mata. Lensa kontak mengarahkan sinar cahaya agar jatuh pada tempat yang seharusnya menerima cahaya, yaitu retina.
Kekuatan lensa kontak disajikan dalam dioptri (D). kekuatan lensa yang memperbaiki penglihatan pada penderita rabun jauh dimulai dengan tanda minus (-), sedangkan lensa yang mengoreksi rabun dekat ditandai dengan plus (+).

Jadi kenapa lensa kontak memiliki lensa yang lebih tipis dibandingkan dengan kacamata?

Utamanya adalah karena lensa kontak langsung menempel pada permukaan mata Anda, tidak berada setengah inci dari permukaan mata seperti halnya pada kacamata.

Karena tingkat kedekatan tersebut maka zona optik lensa kontak (bagian tengah lensa yang berisi kekuatan korektif) dapat dibuat jauh lebih kecil daripada zona optik lensa kacamata.

Selain itu, karena lensa kontak langsung bersentuhan dengan kornea, maka zona optiknya pun hanya memerlukan diameter yang sama dengan pupil mata dalam kondisi cahaya yang redup (sekitar 9 milimeter). Sebagai perbandingan, untuk menyediakan bidang pandangan yang memadai, sebagian besar lensa kacamata berdiameter lebih dari 46 milimeter. Ukuran yang lebih besar membuat lensa kacamata lebih tebal dari lensa kontak.

Lensa kacamata juga harus dibuat lebih tebal daripada lensa kontak untuk menjaga mereka berfungsi dengan baik pada mata si pemakai. Lensa untuk rabun jauh pada kacamata harus memiliki ketebalan di tengah minimal 1 milimeter.
Sedangkan pada lensa kontak dapat dibuat jauh lebih tipis. Faktanya, kebanyakan lensa kontak untuk rabun jauh memilki ketebalan di tengah kurang dari 0,1 milimeter.

Jadi kombinasi perbedaan tersebut diatas yang signifikan dalam posisi penggunaan, seperti diameter zona optik dan ketebalan minimal untuk memastikan struktur integritas, jauh lebih unggul pada lensa kontak, lebih tipis namun memiliki manfaat yang sama.

Sumber: http://www.allaboutvision.com/contacts/faq/how-contacts-work.htm

More Blog